Saturday, August 17, 2013

Tantangan Karir di Bidang Teknologi Informasi

Hal yang membuat tantangan dalam berkarir dibidang teknologi informasi adalah:
  1. Bila teknologi Informasi bukan merupakan core business perusahaan
  2. Teknologi Informasi selalu berevolusi dan dinamis
  3. Kebiasan antara teknologi informasi sebagai disiplin ilmu, fungsi, ataupun sebagai organisasi

Bilamana Teknologi Informasi bukanlah core business perusahaan, maka akan ditemukan kesulitan dalam menilai peformasi kerja akibat orientasi business process kepada objective core perusahaan. Bagi perusahaan yang memiliki core business IT, maka peformansi dapat diukur menggunakan best practise yang ada dalam ITIL, COBIT dan sebagainya. Lain halnya dengan perusahaan yang alergi untuk investasi dibidang IT, lebih mementingkan efisiensi, namun selalu berharap hasil maximal. Sudah pasti karir anda dibidang IT tidak akan berkembang.

Revolusi teknologi tidak akan pernah berhenti. Sebagai contoh dalam hal processor,Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor. Diperkenalkan oleh Gordon E. Moore salah satu pendiri Intel. Ia mengatakan bahwa pertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial. Kompleksitas kebutuhan user membuat teknologi informasi semakin kompleks dalam prosesnya namun tetap sederhana dalam interfacenya

Seiring pergeseran perkembangan teknologi informasi baik dalam hal system ataupun infrastrukturnya, maka terjadi juga pergeseran fungsi teknologi informasi yang pada mulanya berada pada IT custodian kepada user. Hal ini didorong oleh adanya penggunaan infrastruktur hardware ataupun software yang semakin easy handling dan tidak memerlukan campur tangan custodian. Contoh: keberadaan mesin PSC (Print Scan and Copy) yang minimize interverensi custodian pada saat installasi dan maintenance dibanding menggunakan CUPS Unix. Pada saat fungsi IT telah dikerjakan oleh user, dan IT sebagai disiplin ilmu digunakan pada departement lain, maka IT sebagai organisasi harus menyesuaikan strukturnya guna mendukung strategi perusahaan. Jadi mau diperbesar ataupun kecil struktur organisasinya, tergantung dari model bisnis dan kebutuhan bisnis.

No comments: